Selasa, 18 Mei 2010

Obat Herbal Alami Masuk Angin



Tanaman yang merupakan Obat Herbal Alami yang bisa mengobati masuk angin atau mengeluarkan gas dari perut salah satunya adalah kencur.

Rimpang kencur mengandung minyak atsiri, alkaloid, mineral, flavonoid, pati, dan gom, yang dapat dibuat berbagai jenis ramuan salah satunya untuk mengeluarkan gas dari perut.


Selain manfaat di atas, yang karena fungsinya bisa untuk menghangatkan badan, kencur juga bisa berfungsi sebagai pelangsing, penyegar, obat sakit kepala, menghilangkan rasa sakit (analgetik), dan mengeluarkan dahak (batuk), diare, dlb.

Sementara daun mudanya biasa dikonsumsi sebagai lalap-lalapan. Namun bagian tanaman yang sering digunakan untuk pengobatan yaitu bagian rimpang.


Berikut ini beberapa ramuan kencur yang dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit.

1. Batuk

- Ambil 2 rimpang kencur, cuci, parut, dan campur dengan 1 cangkir air hangat. Saring campuran tersebut, ambil airnya, dan tambahkan sedikit garam, lalu minum
- Ambil 1 rimpang kencur, kupas bersih, dan kunyah. Hisap airnya dan buang ampasnya. Lakukan rutin setiap hari.

2. Masuk Angin

Ambil 1 rimpang kencur, cuci bersih lalu kunyah bersama garam secukupnya. Sesudah halus, telan kencur tersebut dan lanjutkan dengan minum air hangat. Lakukan 2 kali sehari, setiap pagi dan sore.

3. Mulas

Siapkan 1 rimpang kencur lalu cuci dan parut. Tambahkan 2 sdm air masak dan sedikit garam. Saring airnya dan minum. Lakukan 2-3 kali sehari.

4. Lelah

Sediakan 1 rimpang kencur, 2 sdm beras yang telah disangrai, dan 1 biji cabai merah. Semua bahan direbus bersama dengan 2 gelas air. Biarkan mendidih hingga tinggal 1 gelas. Saring airnya dan minum. Ulangi setiap hari sampai rasa lelahnya hilang.

5. Keseleo

Campurkan 1 rimpang kencur dan 1 genggam beras yang sudah direndam air. Haluskan kedua bahan tersebut dan beri air secukupnya sampai seperti krim. Oleskan ramuan ini pada bagian yang keseleo.

6. Diare

Sediakan 2 rimpang kencur dan 2 biji bawang merah, lalu tumbuk hingga halus. Bungkuslah hasil tumbukan dengan daun pisang, selanjutnya bakar beberapa saat. Selanjutnya balurkan ramuan ini ke bagian perut.

0 komentar:

Posting Komentar

slideshow

kagak tahu

kata sapaan

Welcome to my blog ! Suatu kehormatan bagi saya atas kunjungan akhi/ukhtidi blog saya ini. Don't Forget to mampir lagi di alamat blog www.imabebzviand.blogspot.com. Semoga mandapat sesuatu yang bermanfaat di Blog saya ini

kelelawar

Dynamic Blinkie Text Generator at TextSpace.net

Cari Blog teman di blogg aq Ini

My Music .,.,.,

Selamat Datang Di Blog Ima_Bebz_Izam

Selamat datang di Blog saya, semoga saja kalian bisa mendapatkan apa yang kalian butuhkan diblog saya ini. Terima kasih Telah Berkunjung Di Blog saya,apabila berkenan silahkan berkomentar dan follow blog saya,mari kita saling berbagi ilmu tentang apa saja...

Sekilas tentang penulis

Nama saya Ima Kurniawati,saya seorang Prlajar Jurusan Ipa Di SMA Negeri 3 Kota Mojokerto .

Social Stuff

ima